Wednesday, May 23, 2012

(catatan pernikahan); tas punggung atau tas dada?

Seorang teman kerja protes!

Hari itu hari jumat. Beberapa sudah selesai sholat ashar, dan tinggal sejam lagi sebelum kepulangan. Saya sedang mencomot gorengan dan menghampiri tempat duduk saya ketika teman ini nyeletuk. Sebenarnya, teman yang satu ini agak jauh tempat duduknya dari saya. Hanya karena faktor kebetulan dia menghampiri teman lain yang tempat duduknya di belakang saya lah ia kemudian berada di sekitaran saya kala itu
.
“kamu itu, lo, nggak kasihan ta sama istrimu. Mbok, ya, waktu mbonceng tasnya ditaruh di depan”, demikianlah celetuknya.

Sudah hampir tiga bulan saya menikah, maka sudah hampir selama itu pulalah telah ada perempuan yang duduk di boncengan motor saya. Dengan cara membonceng yang begitu-begitu saja –tak ada perubahan.  Tapi tentu saja, bukan sebuah keterlambatan jika teguran teman kerja itu baru muncul belakangan. Sebab, memang baru-baru ini sajalah ia kembali masuk kerja setelah cuti melahirkan tiga bulan, hingga baru akhir-akhir ini juga lah ia kerap melihat saya membonceng istri saya. Dan, baginya, cara membonceng saya itu, tidak seharusnya.

Ceritanya memang tentang tas. Tas yang tetap saya paksakan tetap tersandang di punggung ketimbang ditaruh di dada saat membonceng istri. Bagi teman saya, tas itu berpotensi mengganggu istri saya yang ada di boncengan . Menjadikannya uyel-uyelan dengan tas.

“tapi istriku nggak papa, tuh! Nggak protes juga”, kilah saya.

“ya iya. Sungkan karo awakmu arep protes”

Haha. Saya tersenyum. Tentu saja, permasalahan ini sudah saya pertimbangkan betul sejak awal. Keputusan untuk tetap menaruh tas di punggung saat membonceng pun sudah melalui syuro kecil dengan hasilnya adalah persetujuan istri. Alasan saya kala itu, untuk tetap menaruh tas di punggung, adalah karena jadi agak repot mengendalikan motor  apabila tas disandang di dada. Apalagi dengan tas yang lumayan berat sebab terisi laptop. Maka masalah safety, bagi saya, dan juga mungkin bagi anda, adalah suatu hal yang harus diutamakan lebih dari sekedar rasa tak nyaman.

“kalau ditaruh di depan nggak enak, tuh”, jawab saya kemudian.

“ya iya memang!” jawab teman saya serempak. Ada satu teman perempuan lain yang menimpali jawaban itu.

Tapi dalam hati saya sedikit membenarkan teguran teman itu. Jangan-jangan memang istri merasa tak nyaman, jangan-jangan selama ini istri memang tak enak saja untuk menolak saat saya tetap menaruh tas di punggung, jangan-jangan….

“anti terganggu nggak dengan tas tetap di punggung seperti ini?”, demikian tanya saya sekitar satu jam telah lewat dari teguran seorang teman tadi. Saat itu istri sudah duduk nyaman di boncengan, dan motor telah melaju beberapa ratus meter dari area parkir.

“nggak, kok! Nggak apa-apa”, jawab istri saya.

“nggak! Soalnya…”, maka meluncurlah cerita saya tentang percakapan dengan seorang teman sejam sebelumnya. Tentang protesnya, tentang kemungkinan istri sungkan, tentang apakah perlu tas ini ditaruh di dada saja.

“malah enak begini, bisa dipeluk-peluk tasnya” sahutnya.

Saat itu, tanpa menoleh, tanpa melirik ke spion, saya tahu istri sedang memeluk tas punggung saya. Kedua tangannya terasa sedang saling terkait di antara tas dan punggung saya. Saya tak melihat ekspresi wajahnya hingga tak bisa saya simpulkan apakah ia sedang serius ataukah sedang bercanda.

“masak yang dipeluk tasnya?” goda saya kemudian.

Tak ada jawaban. Hanya yang saya tahu, jawaban atas pertanyaan itu, pelukan ke tas perlahan melonggar. Kemudian tangan itu beralih. Saat itu, saya berharap jalanan seketika menyepi.

36 comments:

antung apriana said...

endingnyaaaa...xixixixi

Andiah Zahroh said...

suamiku kalo nganterin ke kantor juga tasnya ditaroh depan
dan tasnya berat juga tuh, isinya laptop, kertas2, kadang (kalo isterinya rajin) ada bekelnya juga, kadang juga jas hujan ditaroh disitu

jadi yang kupeluk bukan tas dong, xixixi :D

iqbal latif said...

:)

iqbal latif said...

hehe...

kalo sudah tak meungkinkah, ya, tak taruh depan juga...

pakai tas masih bisa peluk2, lo! :p

Andiah Zahroh said...

ya kalau duduknya ngangkang bisa peluk, kalau lagi duduk menyamping, trus bawaan lagi banyak,
susah mau peluk suami
kalo tasnya taruh di depan kan tangan yg satu bisa peluk suami kenceng dan lebih save

*dukung gerakan tas taruh di depan XD

Andiah Zahroh said...

wah, isterinya masih ya sungkan-sungkanan gitu
kalau aku dari awal udah ga ada sungkan2nya sama suami sendiri, apa-apa dibilangin, dikeluarin, diomongin *beda tipe

iqbal latif said...

kebetulan nggak bawa barang2...

Nah, beruntungnya tangan istri panjang.. jadi tetap bisa menjangkau :D

iqbal latif said...

mmmh...ini yang sungkan siapa ya?

fauziyyah arimi said...

Suit suit
Ihiyy

Evi Oktaviani said...

:)

ukhti hazimah said...

hihihi, kalau suami naruh tasnya di sela-sela stang dan sadel *eh itu istilah buat sepeda pancal ya?*

Siska Rostika said...

jujur aja mas,mbonceng dibelakang dan uyel2an sm tas yg gede dan berat, itu ga nyaman.. kadang malah mo jatoh jg jadinya krn jatah jok dimakan tas..

biasanya aku milih bawakan tas suami itu jg deh kalo dia ga mau naruh di dpn..

APRILLIA EKASARI said...

eaaaaaaaaa

Penasulung sulung said...

meski isi tas g banyak2 amat tetep g nyaman tas ditaruh dibelakang.
Kalo temen yg bonceng nanya nyaman apa g?tetep tak jwb nyaman.krn memang kenyamanan pengemudi lbh diutamakan. Ah intinya mah sbnrnya g nyaman tpi g enakeun :-)) *sekali komen panjang*

Penasulung sulung said...

meski isi tas g banyak2 amat tetep g nyaman tas ditaruh dibelakang.
Kalo temen yg bonceng nanya nyaman apa g?tetep tak jwb nyaman.krn memang kenyamanan pengemudi lbh diutamakan. Ah intinya mah sbnrnya g nyaman tpi g enakeun :-)) *sekali komen panjang*

Rifki Asmat Hasan said...

uhuyyyyy....

anas isnaeni said...

jadi yang kek gini harus ditiru ya ntar...

*loh?

iqbal latif said...

sering mangkal di terminal ya? sudah pandai suit-suit :)

iqbal latif said...

:) juga

iqbal latif said...

uow..ngerti saya

iqbal latif said...

haha..

tapi....berarti...ada tiga parameter yang mempengaruhi itu: ukuran tas, volume pembonceng, volume yg dibonceng :)

iqbal latif said...

prikitiew....

iqbal latif said...

haha...

ini komen ke berapa ya, di mp-ku? :p

iqbal latif said...

suit..suit

iqbal latif said...

nikah dulu sono! :D

Diah Pitaloka said...

=))..
Kalo Diah protes ke suami..
"Aa, tasnyah di depan ajah, kaga' muat nih"..
Soalnyah waktu itu lg hamil..
Tapi sampe skarang dah biasa, suami slalu naro tasnyah di depan, hoho..

Penasulung sulung said...

lamaaaaaaaa bangettt dulu pernah komen. di jawab sinis, wes ngintip2 ae lah...
dan kini...baru komen lg :p

akuAi Semangka said...

hahaha. ketawa pas bagian si tante bilang tasnya enak buat dipeluk2 :D

sbagai sesama pengendara motor, memang lebih enak pake tas di punggung. tapi tetap prioritaskan kenyamanan penumpang lah. soal keamanan itu bisa dilatih kok. tapi emang tergantung ukuran tubuh yang dibonceng juga sih. istrimu kan langsing, jadi no problemo. beda kalo aku boncengin diah misalnya. wkwkwk *malah ngisengin diah XD

carrot soup said...

berapa tahun ya gw gak ngempi? koq tau2 si iqbal udah bonceng tas? eh, maksudnya istri...

Diah Pitaloka said...

@Ai
eeeeeeeeeeeeaaaaaaaaaa *jitaks*

rifi zahra said...

hahahaha *baca komen ai n diah*

Ummu Gaza El Rahman said...

pasang box motor aja om di belakang

Nisa Rachma said...

ketawa baca komen ai n om carrot..
hahaha..

naro tas ddpan mang bkn g nyaman,apalagi tasny besar.kalo pke box motor,kalo bw laptop jd krg safe jg krn kbanting2 meski lapopny ud dbungkus..

menurut nisa kalo istriny g kberatan siy gpp..

HayaNajma SPS said...

kok 'anti' ?

Ar Rifa'ah said...

Pake tipsnya kak ai ajalah.. Mungkin krn kurang t'biasa aja pake tas di dpn...

Hadeuh, selalu deh, paragraf terakhir catatan macam ini harus diwaspadai.. Hehehe

nila _rw said...

waduh, masih penyesuaian ya? anti :-P
honey kek gitu :-D

kalau bisa di depan aja pak tasnya,
kesian lo istrinya. apalagi ntar klo udah ada anak

rada ribett