Wednesday, February 1, 2012

bookaholic: januari 2012

Pada akhirnya, membaca adalah sebuah hiburan. Sebuah pelepasan dari rutinitas yang barangkali menjenuhkan, berekreasi tanpa meninggalkan ruangan.

Sebenarnya, saya bukanlah pembaca yang 'baik'. Hampir tak pernah ada buku yang berhasil saya selesaikan dengan sekali duduk, semenarik apapun buku itu. Seringnya, saya butuh jeda-jeda yang lumayan sering untuk membaca sebuah buku. Bahkan, yang sering merusak catatan membaca saya, seringkali saya tertidur saat membaca. Pada mulanya duduk tegak, lalu merebahkan badan dengan posisi kepala masih lebih atas dari buku, lalu suara buku terjatuh. Tandanya, itu saya yang telah tertidur.

Januari ini, catatan membaca saya agak terbantu dengan cuti kemarin. Lepas dari rutinitas harian, serta banyaknya waktu selama perjalanan, itu membuat saya lebih rileks dan konsentrasi untuk membaca.Gangguan satu-satunya mungkin hanya satu ini: internet.

Nah, mulai tahun ini, saya berjanji pada diri saya untuk membaca secara selang-seling; habis fiksi lanjut nonfiksi. Begitu seterusnya. Sebab dengan itulah saya bisa mematikan capaian tahun lalu tidak terulang, ketika bacaan fiksi saya jauh lebih banyak dibandingkan nonfiksi.

Baiklah, berikut buku-buku yang terbaca selama januari kemarin:
  • Existere. Saya tahu bukunya mbak Sinta Yudisian ini bagus. Tahu dari review orang-orang, juga tahu dari kapabilitas si penulis yang beberapa bukunya sudah saya baca. Tapi saya tak kunjung memulai, itulah persoalannya. Sebelum saya sampai pada ceritanya, dan larut dalam cerita itu, maka kata menarik tak akan pernah hadir juga. Saat itu memang saya sedang tidak terlalu mood membaca novel. Entahlah. Hingga membuat buku ini teronggok cukup lama di lemari. Hingga januari ini. Hingga saya berniat memulainya, menekuri tiap halamannya, sampai 'masuk' dalam ceritanya. Ternyata, setting Surabaya yang ada dalam novel ini, selain temanya yang lumayan menarik, selain cara penulisan mbak sinta yang apik, membuat saya cukup antusias membaca novel ini.
  • Mencapai Pernikahan Barokah. Ha ha.. ternyata buku ust fauzil ini diperuntukkan buat yang akan menikah.
  • Giganto. Buku ini dapat di pesta Buku Jakarta tahun lalu. Kalau saya tak salah, saya peroleh dengan harga dua puluh ribu. Bercerita tentang primata purba yang ternyata masih hidup di pedalaman Kaltim, buku ini luamyan  membuat saya cukup tertarik untuk terus melembari tiap halamannya. Koen Setyawan, penulisnya, sepertinya orang yang mengerti dengan tema tulisan ini. Meski boleh jadi itu hasil risetnya semata. Buku ini saya habiskan saat cuti kemarin.
  • Dua Tangis dan Ribuan Tawa. Kesalahan sayalah yang hanya membawa satu buku pas cuti kemarin, membuat saya tak punya buku untuk menemani sepanjang perjalanan Pasuruan-Malang. Malang, memang membuat kota tujuan berikutnya setelah pasuruan, sebelum saya kembali ke Bontang. Buku Dahlan Iskan ini, akhirnya menjadi satu dari tiga buku yang saya beli pas ke Toga Mas malang. Sejak mengenal tulisan-tulisannya di jawa Pos, saya memang selalu bersemangat membaca tiap tulisannya yang renyah dan gurih itu. Begitu juga buku ini. Dimulai dibaca dalam perjalanan malang-surabaya, buku ini akhirnya saya tamatkan di bontang. Sepertinya saya masih ingin membuat tulisan tersendiri tentang buku ini, dihubungkan dengan pekerjaan saya yang sekarang.
Itu saja. Empat buku yang lumayan, dengan jumlah halaman yang lumayan juga. Semoga sebuah awal yang baik.
 

54 comments:

fauziyyah arimi said...

aamiin
*praying for my self too :D

tun hidayah said...

dapet nasehat begini juga, katanya biar gak terkikis sedikit demi sedikit

antung apriana said...

nggak pake bintang ya?

Vina Revi said...

wkwkwkwk ...

Vina Revi said...

ou, baca postingan ini jadi inget kalo belom setor laporan buku Januari 2012.
Padahal pas bulan Okt-Nop 2011 dan Desember 2011 rajin banget update beginian.

Chifrul S said...

masih sempet membaca ya... ^_^V

iqbal latif said...

#mengaminkan aminnya ;)

akuAi Semangka said...

Ga ditagih juga udah buat bookaholic kan? :D

iqbal latif said...

mengaminkan aminnya

iqbal latif said...

apanya yg terkikis ya, te?

iqbal latif said...

ada! di GR :)

iqbal latif said...

ayo, mbak! segera dibuat

iqbal latif said...

membaca antumlah yang tak pernah sempat... Butuh waktu lama dan tak kunjung selesai :p

iqbal latif said...

:)...begitulah

akuAi Semangka said...

*geli baca komen om iqbal utk maschif :))

liat aja, bulan depan paling aku menang lagi.. Hoho.

iqbal latif said...

ha ha.. Siapa yg gelitiki, ai?


menang lagi? belum tentu

Chifrul S said...

apanya yang menang?

iqbal latif said...

kalau orang malaysia menyebutnya 'berjaya'

Rivensky Atwinda Nasution said...

aamiin. Existere itu tentang apa?

akuAi Semangka said...

Aku tergelitik oleh kemesraan kalian yang... iuh! Tidaak! :D

Maschif, makanya mampir ke book-a-lova yg kubuat. Bulan ini ada 5 buku yg kubaca. #promosi

iqbal latif said...

tentang doly (semoga tdk tw apa itu doly)

Chifrul S said...

waaah...mesra dari Honkong?!

hehehe.

@Ai : sepertinya temen2 di MP niat banget ya membuat review buku-buku. Aku mereview hidupku aja dah... :p

iqbal latif said...

bahkan itu tdk seberapa dibanding kemesraan kita di dunia nyata :p

iqbal latif said...

ah, pernyataan ini tak mendukung pernyataanku :p

Chifrul S said...

aku belum pernah dapet hadiah tiket umroh dari antum soale... ;( V

akuAi Semangka said...

Udahlah, maschif ga usah malu2 mengakui. Lagipula om iqbal auranya makin bagus nih. Pink!

mereviem hidup dalam sebuah proposal yaa? Hahaha..

iqbal latif said...

berat sekali syarat untuk sebuah kemesraan versi antum :p

iqbal latif said...

oh, jadi ini maksud sms antum yg mengatakan sedang menghadap ustad untuk sebuah urusan itu ya chif? :p

Chifrul S said...

adooohhh...

mereview hidup itu rasanya.... seperti membelah angkasa bersama paus akrobatis, menuju rasi bintang paaalingg manis...karena hidup banyak rasa... ;p

tintin syamsuddin said...

existere udah lama baca..
asik masih ada waktu membaca..
semangaaattt..

desti . said...

kapan diresmikan perpustakaannya pak?

tun hidayah said...

apa ya, mas.. sebenernya itu gara2 aku belakangan bacanya fiksi2 picisan yang agak gak jelas sih..
mungkin yang akan terkikis adalah komitmen terhadap perannya di dunia
#ngemeng apa sih

iqbal latif said...

ini yg asyik siapa ya? :)

iqbal latif said...

nggak pake diresmikan, des! he he

desti . said...

asik. langsung bisa pinjem berarti pak... :D

iqbal latif said...

desti komennya kayak mau ke Bontang saja..he he

la wong ke bontang setahun sekali :p

iqbal latif said...

eh, drprita sudah melongok. Btw, saya baru2 ini saja tersadar kalau yg ngasih endorse di existere itu drprita mp

HayaNajma SPS said...

nice!

Lalu Abdul Fatah said...

Resensi Existere sedang saya pertaruhkan di meja redaksi, semoga dimuat :))

Itu Giganto pengin baca. Belum kesampaian punya.

iqbal latif said...

Redaksi mana, ber? Bukannya it buku lama?

Pemikir Ulung said...

keren banget sih anak2 ini

ukhti hazimah said...

lah, emang awakmu gak akan menikah??

#isengkumat

iqbal latif said...

@pemikir...hoho. Ini standar saja, kok, di
@sinthionk...kok tanya begitu

iqbal latif said...

@pemikir...hoho. Ini standar saja, kok, di
@sinthionk...kok tanya begitu

anas isnaeni said...

aku juga sedang bantir setir ke fiksi nih mas...
huhuhu bener emang butuh selang seling rasanya

#nowreading Tenggelamnya Kapal Van Der Wicjk

iqbal latif said...

buku itu aku baca pas SMA, nazh!

rifi zahra said...

merasa tersindir euy sayah... *ngumpet*

iqbal latif said...

kenapa, fi? :)

anas isnaeni said...

bayang pun saya kurang baca banget kan huhuhu
q sedang bertekad baca fiksi-fiksi berbau Ranah Minang soale hehehe

Yudith Fefabiola said...

awal yang sangat-sangat baik

ukhti hazimah said...

kata 'ternyata' dalam kalimat rada ambigu

rifi zahra said...

jelas kan? karena bacaan saya tahun lalu juga banyak fiksi dibanding non fiksi :|
is it bad? of course not.
tapi emang perlu perbaikan biar seimbang ya, mas...
*walopun saya ga yakin :D*

iqbal latif said...

aih aih, kayake sdh siap jadi orang sono, nih :p

HayaNajma SPS said...

yang penting kan bacanya, bukan masalah lama atau baru