Friday, October 22, 2010

SOP Peminjam Buku

Seperti benda kesayangan, seperti sesuatu yang didapat dengan penuh perjuangan, maka seperti itulah perlakukan buku ini. Bukan semata karena saya teramat mencintai buku-buku saya, atau sejumput materi yg harus saya keluarkan untuk mendapatkannya. Bukan! Bukan hanya itu. Tapi demi tersampaikannya pesan itu, demi semakin tersebarnya kebaikan yang ada dalam buku ini, dan juga demi semakin meluasnya penyebaran pengetahuan dalam kalimat-kalimat hidup ini . Dan itu, hanya bisa terjadi, saat buku ini terawat dengan baik, saat buku ini tersimpan dengan layak. Jadi, mohon sekiranya untuk tidak melipat halaman dalam buku ini. Itu amat buruk efeknya. InsyaAllah saya telah menyediakan sebuah pembatas buku dalam tiap buku saya (dan sekali lagi tolong jangan dihilangkan). Juga, mohon untuk tidak membaca sambil makan (apalagi makanan berair atau berminyak), atau sambil tiduran (yang memungkinkan anda tertidur dan menggencet buku ini). Anda mungkin lebih mengerti apa akibatnya. Dan, juga yang tak kalah pentingnya, mohon untuk tidak menggulung (terlalu keras) ke belakang satu sisi buku saat Anda membaca . Gunakan saja dua tangan untuk memegang dua sisi buku itu (cara inilah yang paling baik). Atau, kalau itu kurang membuat nyaman anda saat membacanya, maka peganglah bagian tengahnya saja saat membacanya. Dan satu tangan andapun bebas untuk melakukan hal lain.

Maka, pada akhirnya kembalikanlah buku ini tepat pada waktunya (biasanya waktu yang saya berikan maksimal satu minggu). Bukan (hanya) karena saya tak percaya pada Anda, tapi adalah sudah menjadi kebiasaan  manusia untuk terlupa, lalai, dan kadang ceroboh. Maka, sebelum hal-hal yang tidak diinginkan menimpa buku ini, kembalikanlah! Karena jika tidak, bersiap-siaplah untuk menerima terror SMS dari saya. Dengan isi yang hampir seragam : ini sudah seminggu lebih, mohon untuk segera mengembalikan buku saya.

Selamat membaca!

Salam

iqb@l

 

 Tulisan tercetak miring di atas adalah tulisan yang saya print dalam sebuah kertas untuk kemudian saya fotokopi banyak-banyak. Digunting untuk merapikan bagian-bagian tak penting, unutuk selanjutnya ditempel pada halaman terakhir buku-buku yang saya miliki. Tapi, itu dulu.

Dulu yang saya maksud adalah masa kuliah. Tak banyak buku yang saya miliki kala  itu, tapi yang sedikit itulah yang begitu saya jaga betul. Saya termasuk orang yang cerewet dalam meminjamkan buku. Berpesan banyak hal. Jangan begini, jangan begitu. Mulanya saya sampaikan saja. Satu persatu. Hingga saya sadari itu tak terlalu efektif sebab banyak juga yang  iya iya saat dikasih tahu tapi nyatanya nggak nggak saat mengembalikan. Buku saya lecek juga. Maka muncullah ide itu; menempelkan SOP di halaman terakhir buku. Pemikiran saya sedehana saja, saat ia membaca buku itu, sedikit banyak ia akan membaca tulisan kecil itu. Jika saya tak terlalu bisa berdramatisasi dalam ucapan langsung, maka setidaknya saya bisa menyampaikan pentingnya menjaga buku itu dalam sebuah kalimat-kalimat yang lebih menghunjam dalam kertas kecil itu.

Dan sedikit banyak itu cukup berhasil. Beberapa teman jadi terlihat hati-hati dalam memperlakukan buku itu. Tidak ngasal. Lebih bertanggungjawab.

Hanya saja, kebiasaan menempel kertas kecil dalam buku itu cuma bertahan sampai masa kuliah saja. Setelah bekerja yang justru lebih banyak buku yang saya beli, hilang sempurna kegiatan itu. Dengan menyampulinya saja sudah merasa cukup. Entah kenapa penyebabnya, apa karena sudah jarang yang meminjam buku saya di tempat baru ini, atau karena tak banyak lagi waktu untuk 'main-main' seperti itu, atau karena saya sudah menaruh percaya apada peminjam-peminjam buku di sini. Atau, karena tiap buku yang saya beli setelah bekerja tak melalui pertarungan yang dasyat seperti halnya ketika masih mahasiwa. Yang sedikit banyak masih berpikir tujuh kali untuk memutuskan membawa buku ke kasir. Memikirkan tentang jatah uang makan yang disunat habis-habisan bila memutuskan untuk membeli buku. Hingga setiap buku yang dibeli kala itu punya kesan mendalam hingga begitu mencintainya.

Ah, semoga bukan hanya alasan yang terakhir saja yang berlaku. 

62 comments:

Pemikir Ulung said...

Me na rik sangat! Hehe. Kita sama mas. Saya juga begitu, bahkan cenderung obsesif dgn kerapihan buku. Kadang temen sampe bilang "ada buku lain yg bukan punya ludi ga?" soalnya peringatannya banyak kalo pinjem buku saya. Tapi alasan kita beda. Sempet punya ide bikin note gitu juga, tapi ga dikonkritkan, padahal kata2nya udah dibuat

~hhh..lagi2 saya komen ttg diri sendiri

nice post eniwei, inspiratif, bikin juga ah

iqbal latif said...

buat, saja, lud!! kayake banyak yg lbh hati2 setelah itu....

tapi ada jg yg komen : baca bukunya iqbal nggak nyaman, jadi hati2 banget.. kayak megANG BENDA RAPUH..ha ha

sf.lussy dwiutami said...

pernah buat kayak gitu juga wkt jaman kuliah, tapi gak mempan. Jadi keseringannya tuh buku balik ke tangan sudah tidak dalam kondisi secantik semula... Dan sekarang tak membuat itu lagi... Jadi teringat dgn kata2 ini:

"hanya orang bodoh yang mau meminjamkan bukunya dan hanya orang gila yang mau mengembalikan buku yang dipinjamnya"

nin kun said...

sifat pelit yg dilegaglkan

Pemikir Ulung said...

Hehehe. Kalo temen2 saya sampe inget, "bukanya 30 derajat ya Di?" :p

iqbal latif said...

tampangnya kurang galak kali, mb! he he......

kalau ada yg gt biasanya sdh masuk black list

iqbal latif said...

kayake drmu pelit juga

iqbal latif said...

30 derajat? ha ha... butuh busur dong dy kalau mw baca.......


paling jengkel kalo lihat orang yg baca buku terus sisi satunya ditelkuk ke belakng -- dan tetep jengkel meski itu bukubukunya sendiri

Lani Imtihani said...

diawal pinjem buku iqbal sempet takut..tapi sekarang mah dah cuek aja :p
cuma perti yang lebih milih ga baca kalo tau bukunya punya iqbal..

Nia Robie' said...

jadi sedikit ta ttg karakter kamu.. ;)) ntar tanya si masmu aah

Pemikir Ulung said...

Makanya mending ga pinjem buku saya, ribet kan nyari busur dulu? *sebenernya itu lebay :p

Lani Imtihani said...

oya..arif ga pelit kok bal..cuma agak nyebelin aja..hehe..piss nin ^^d

sf.lussy dwiutami said...

dan akhirnya malah saya yang bilang kayak gini: "afwan... Saya dah gak bisa ngomong apa2" setelah mendengar penjelasan mengapa buku saya sampai berwajah seperti itu. Tapi tidak sedikit juga yang mengembalikan buku saya dalam kondisi sudah bersampul plastik...

al fajr "fajar" said...

he...........
=)

rahmah ... said...

Jadi inget,banyak buku yg belum disampul akhir2 ini.makasih ya jadi inget hehe..kalau skrg sy suka nempelin harga di cover belakang bagian dalam,biar ingat bahwa beli buku itu butuh pengorbanan sejumlah rupiah hehe..
Pinjem donk buku2nya mas hihihi..

HayaNajma SPS said...

hehe, terlalu streng..
aku suka banget sama buku, tapi nggak segitunya sih.. biasanya aku bilang: jangan diilerin ya!
trus kalo pengen dibalikin, ya bilang aja : bukunya udah dibaca belum? aku lagi pengen baca nih..

soalnya aku juga suka uring2an kalo baca komiknya adekku diteriakin mulu soal: JANGAN DIBENGGANG! hihi

azka madihah said...

hehe, kalo saya ... termasuk yang pelupa kalo minjemin buku (n minjem juga suka lupa, huhu). jadi ya gitu, kadang ada yang tiba2 balikin buku padahal saya lupa pernah minjemin. :D tapi perlakuan saya ke tiap jenis buku emang beda sih, kalo buku yang saya suka, baru cerewetnya keluar. :D :D
untuk di perpustakaan Kominfo BEM KM IPB, karena saya sekretarisnya ya baru ditulis semacam itu, "perkenankanlah manfaat yang terkandung dalam buku ini untuk dapat mengalir hingga ke generasi-generasi penerus kita. karenanya dimohon untuk tidak melipat dan mengotori buku ini. bla bla bla."

azka madihah said...

btw, untuk kalimat "bukan (hanya) karena saya tidak percaya kepada Anda"... emang intensi penambahan kata hanya di dalam kurung itu untuk menunjukkan bahwa mas iqbal antara percaya atau tidak ke orang tsb ya? kalo suatu negasi ditambahkan kata "hanya", sama dengan kata "selain", ndak sih?
contoh:
bukan karena saya tidak suka barang ini, harganya juga amat mahal.
bukan hanya karena saya tidak suka barang ini, harganya juga amat mahal. = selain karena saya tidak suka barang ini, harganya juga amat mahal.
jika memang maksudnya demikian, dalem juga ya SOP-nya, jleb gitu loh, hehehe. *sayapunnggaktahumengapasayasukariweuhdenganhal-halbegini.com* :D

iqbal latif said...

berlbihan tuh mb perti.... Sy jd sedih kalo ada yg gagal membaca bk itu garagara tulisan itu :)

iqbal latif said...

suedikit! ha ha....(jangan menebak karakter seseorang dr satu tulisannya! :p)

iqbal latif said...

ludi pelit berarti... he he....
dulu pas di kos, jengkel kalo ada yg main ambil tanpa ijin. Membuat sy kelabakan nyari

iqbal latif said...

he he...mb Lussy baik benar..ha ha..
kalau saya, tak akan meminjamkan buku yg belum saya sampul. resikonya besar....

dulu jugu buat kebijkan kalau buku yg belum kubaca nggak boleh dipinjem.. Aku hrs jadi orang pertama yg membaca bk yg AKU BELI

iqbal latif said...

wah, mb lussy baik banget...
kalau sy pantang utk meminjamkan bk yg belum tersampul. TERLALU beresiko....

dulu punya peraturan kalau bk yg belum sy baca belum boleh dipinjam. Sy hrs jd orang pertama yg membc bk yg sy beli

iqbal latif said...

she...
=)

iqbal latif said...

ha ha... janganjangan ini pengalaman pribadi......


tentang dikembalikan sebelum dibaca...wah, itu juga satu hal yg mengecewakan.. Kayak gimana gitu
dirimu penggemar komik ya?

iqbal latif said...

iya... saya dulu rajin juga nulis harga sama tanggal pembelian dan tempat pembelian....


sayangnya sekarng nggak lagi... duh!

iqbal latif said...

dulu pernah kehilangan buku kesayangan.. lupa siapa yg minejm... Jadinya saya sms semua orang2 yang memungkinkan utk meminjam buku itu.....

dan ternyata, dipinjam oleh seseorang yg lupa juga sudah meminjam buku itu... Sejak itu ia punya catatan hitam dalam pinjam meminjam buku saya

iqbal latif said...

ha ha.. azka sampai segitunya ngomentari kalimat ini... Hebat! Pantes tulisannya dalem2...

kalau nggak pakai kurung itu kan artinya saya percaya mereka, tapi kalau pakai kurung artinya sy tak percaya mereka. ho ho. Dan dengan kurung itu, seperti yg dikata azka, lebih dalem artinya. tapi tak secara frontal menunjukkan ketakpercayaan. Tanda kurung itu berfungsi banyak..


duhduh..ngomong apa sih

sf.lussy dwiutami said...

kalo masalah baca duluan dari buku yang dibeli, saya mah belum tentu... Ndak sedikit orang lain yang duluan baca dan sedihnya bila akhirnya tuh buku ndak balik pula. Setelah ditanya beberapa kali ndak direspons positif dan sampai saya sendiri ndak enak buat nanyainnya. Akhirnya, ya sudahlah, belum jodoh berarti. Tinggal ntar kalau ada uang yang belum "dinamain" kan bisa beli lagi, ndak lucu kan ribut gara2 buku :D

kalo sekarang buku2 saya mah paling cuma dikasih tanggal beli, dicap, nama orang yang ngasih (untuk buku yang ndak beli sendiri), tanda tangan... *kepengennya sih ditempelin foto sgala, tp ntar pada ndak balik semua tuh buku :D*

iqbal latif said...

@lussysf......wah, sy nggak nyampai menjumpai yg begitu... Saya rada galak soale utk masalah buku ini. Dulu sempet ada akhwat minjem buku sy dan ilang.. ho ho. Tapi ia baik, bersikeras menggantinya....

sf.lussy dwiutami said...

nah itu dia, saya kurang bisa galak... Atw krn orang yg minjam ndak tahu tumpah darah yg kita keluarin buat beli tuh buku, shg mengentengkan gitu? Apa mesti ya setiap buku ditempeli cerita ttg sejarah sampai terbelinya buku itu? Ya sudahlah, minimal tuh buku dah bisa dimanfaatkan...

Pemikir Ulung said...

Betapa saya suka dgn diskusi ini dan membaca komen2 di bawah (bisa 50x bolak/ik ni gw)

dilematis memang mas, antara pengen sekali berbagi ilmu dgn buku, dgn sakiiit hati liat buku lecek. Tapi saya ga pelit ko, cuma gabisa dibilang pemurah juga, hihihi

saya sampe sekarang begitu, tempelin harga dan tulis tgl belinya, bukan pengen mengingat susah payahnya ngerogoh kocek utk beli buku itu, tapi pengen liat laju inflasi aja, haha. Kakak saya pernah gamau terima buku yg dikembalikan temennya dlm keadaan mengenaskan, kata dia "buat lo aja deh", cadas kan?

Btw, hari ini seorang temen ngembaliin 8 komik saya yg dia pinjem 4 thn lalu :D

iqbal latif said...

@lussysf...he he...makanya ada yg perlu sy black list tadi. Biar dy nyadar... tapi sy paling seneng kalo ada yg minjem cepet balik smbil nercerita tentang kesa2nya thdp buku yg ia baca. Wah, ikut bahagia...

@pemikirulung...... kalau ngasih tanggal sama tempat beli n harganya sih saya sebatas sebagai catatan sejarah... Asyik sekali suatu sAAT NANTI MENGINGAT2 BAGAIMANA KITA MEMBELINYA.. Apalagi kalau belinya tak biasa. Misal di tempat2 jauh... Kalau ngembalikan setelah empat tahun itu bisa jadi bukunya ngendon di kosnya. Dulu ada temen minta tolong ke saya untuk mbalikin bk yg ia pinjam, pasalnya dy saat itu mw keluar dr kosnya dan akan pulang kampung... baru nyadar sepertinya setelah bersih2 kos

Pemikir Ulung said...

Iya juga, itu salah 1nya. mengenang itu menyenangkan :D

HayaNajma SPS said...

enggak lah.. itu cuma menghaluskan aja hehe.. enak aja ngilerin buku :P

hehehe, aku kadang kaya gitu loh.. udah pinjem tapi ga sempet baca, daripada kelamaan di aku mending balikin dulu :D
yoi

Pemikir Ulung said...

Iya juga, itu salah 1nya. mengenang itu menyenangkan :D

Pemikir Ulung said...

Iya juga, itu salah 1nya. mengenang itu menyenangkan :D

Pemikir Ulung said...

Iya juga, itu salah 1nya. mengenang itu menyenangkan :D

sf.lussy dwiutami said...

pemikirulung:
kalau yg beli sendiri terkadang ndak terlalu nyesek2 amat ya, tp justru bila buku itu adlh hsl pemberian org lain. Walau udah diganti atw kita beli lg sndiri, kan rasa atw historisnya dah beda...

Jd inget buku ayat2 cinta sy yg mrpkan hsl pemberian teman, dah gak tau rimbanya dimana. Scr wkt tuh novel booming, jd ad peminjaman berantai. Stlh sy tnya kepeminjam prtama, dia blg dah ad yg minjem lg, dan akhirnya tuh buku ghoib...

Seabrek ceritalah pokoke terkait dgn minjam meminjam ini...


iqbal latif said...

he he..iya... Say7angnya bk sy yg sy beli akhir2 ini nggak sy tandai lagi.... Kebanyakan belinya langsung sekalian sih....

iqbal latif said...

he he..kirain :p

jiah..kalau ada yg pinjem trs g dibaca tuh bikin kecewa yg minjemin...

kalau aku justeru bkn pecinta komik.... Heran liat temen yg ngakakngakak baca komik tp ketika tak baca biasa saja.. :D

Pemikir Ulung said...

@lussysf
saya abis beli aac, karena diskon harganya cuma 20rebu! Hehe. Sebenernya ga terlalu suka novel itu, tapi kata kakak lumayan buat dipinjemin orang

iya si, memang ada orang2 yg lebih menyayangi pemberian ketimbang yang beli sendiri, tapi kalau saya, kehilangan benda lebih menyedihkan daripada kehilangan uang meski dgn nilai yg sama. Makanya sampe sekarang saya masih suka kepikiran dgn buku2 saya yg ilang, dan gatau siapa yg pinjem :(

Pemikir Ulung said...

@mylathief
kalo saya banyak buku yg ga ditulisi itu karena memang ga langsung dibuka plastiknya setelah dibeli, jadi pas dibuka uda lupa tgl, tempat dan harganya

saya jadi mikir buat post sendiri, daripada terus2an komen disini tapi kebanyakan nyeritain diri sendiri, hehe, ga enak ati juga sama tuan rumah

sf.lussy dwiutami said...

@pemikirulung
bukannya lebih menyayangi sih... Yah, setiap buku hadir dengan ceritanya masing2 dan pergipun dengan ceritanya masing2. Saat buku itu sudah ndak di tangan saya lagi, saya anggap tuh buku dah menemui "ajal"nya. Dipikirin atw disedihin jg gak balik. Plg sesekali nostalgia kalau ada pemicu utk mengingat2 kembali tuh buku (slh stunya tlsn mas iqbal ini)... Hehe

Pemikir Ulung said...

Iya deh *jadi bingung*

azka madihah said...

salam kenal semuanya... :)
jadi inget dulu-dulu kalo di sinetron remaja kan suka ada adegan "minjemin buku ke seseorang, pas balik ada selembar surat terselip di dalamnya", hehe, ada yang pernah ngalamin ndak ya? :D

iqbal latif said...

he he...kirain..
padahal sy ginmana gt, semacam kecewa, saat temen yg minjem buku bilang kalo buku yg dipinjem g dibaca

iqbal latif said...

ngomongngomong masalah buku pemberian, sepertinya saya belum punya buku yang hasil pemberian teman.... hu hu
(ada yg berminat ngasih?)..he he

iqbal latif said...

ha ha...(ini pengalaman pribadikah, azka?)

sepertinya trik ini sudah terlalu jadul... ;)

Pemikir Ulung said...

@mylathief
seriusan tu mas iqbal? Wuih, padahal ngasi kado buku kan pilihan paling gampang. Kadang kalo bingung ngasi kado apa buat temen, ujung2nya buku. Wah kalopun pengen ngasi hadiah bingung mas, abis kayanya mas iqbal bukunya udah buanyak, kalo dikasi buku tertentu, khawatir uda punya *alesan* :D

iqbal latif said...

gampang itu.. tinggal tanya saya saja: 'buku ini sdh punya belum?'.....

atau kasih buku yg baru terbit saja.....

iqbal latif said...

tapi nggak ada efek kejut nya yah kalo ditanya dulu.. he he

Pemikir Ulung said...

Oh, maunya efek kejutnya ya? Kayanya susah kalo dunia maya mah, secara mau ngirimnya aja pake nanya alamat dulu. Tapi saya pernah ngalamin, janjian di mui sama mpers, dia bilang mau ngembaliin topi saya, eh tau-taunya saya dikasi hadiah buku, kejutan menyenangkan sekali :D

iqbal latif said...

eh, dirimu punya goodreads g??
nah di situ bs dilihat buku saya.. sm yg sdh sy baca..

Pemikir Ulung said...

Punya punya. Kapan-kapan ya mas, kalo uda bisa onlen lagi :)

yasir burhani said...

Ah, buku2 iqbal rasanya bernasib lebih baik daripada buku2ku :)
buku2 itu kini tercecer entah d mana; ad yg d Jogja, Lampung, Makassar, dan sebuah desa di Jabar sana.
Mudah2an mereka selalu baik2 di tangan para 'pemilik' mereka sepeninggalku :)

iqbal latif said...

wah, mukimnya pindah-pindah ya??
asyik kayake...

seandainya sy pindah dari Bontang ini kayaknya mesti maketin buku banyak2..he he

azka madihah said...

bukan pengalaman pribadi, harapan pribadi, hehe...
tadinya penasaran aja, pernah ada ga ya kisah2 seputar pinjam meminjam buku... selain yang nggak ngenakin kayak buku jadi rusak, ilang, dll...

iqbal latif said...

pengalaman pribadi juga gpp (lo?)

mungkin banyak cerita juga ya masalah pinjam meminjam ini...
Azka ada kayake, ya? :)

desi puspitasari said...

Oh, iniii...

iqbal latif said...

'oh, ini' apa?

desi puspitasari said...

ini itu

"di sini bukuku nggak ada yg minjemin..

dulu pas ngekos, pas bukunya masih seuprit, laris benar padahal"