Sunday, November 21, 2010

pulang-kembali

Saya mengernyit-ngernyitkan dahi sendiri menyadari bagaiamanakah saya mendefinisikan kata ‘pulang’ dalam keseharian saya. Fenomena ini, baru saya sadari baru-baru saja.

Di kantor, setelah suara sirene menggema dari plant, sebagai pertanda akhir jam kerja, telah berlalu, saya akan menyebutnya dengan kata ‘pulang’ untuk aktivitas menuju rumah bujang yang disediakan perusahaan, tempat dimana saya tinggal. “Pulang dulu, yah!”, begitu kata saya seringnya pada teman yang memilih untuk menunda beberapa saat kepulangannya. Sebagai bentuk pamitan.

Di rumah bujang saya itu, tempat dimana saya tinggal dan menghabiskan waktu disana dengan tidur, mandi, makan, serta aktivitas harian lainnya, ternyata kata ‘pulang’ ini juga saya pakai. “Kapan pulang, Bal?”, demikian tanya teman serumah suatu ketika. “Minggu depan, sekalian cuti”, jawab saya. Tentu saja saya mengerti dengan maksud kata ‘pulang’ yang teman saya sebutkan itu. Sebelumnya, saya memang sudah menyatakan rencana kepulangan saya itu jauh-jauh hari. Pulang, dalam kasus ini adalah sebuah kata yang berdefinisi untuk sebuah aktivitas menuju rumah (orang tua) saya di kampung. Jadi boleh dikatakan, ketika sudah pulang, saya masih bisa pulang lagi.

Lalu bagaimanakah ketika saya sudah berada di rumah orang tua saya di kampung? Ternyata berbeda. “Kapan balek?”, demikian pertanyaan yang sering diajukan. ‘Kapan balek’, bukan ‘kapan muleh’. ‘Balek’, dalam bahasa jawa yang dipakai di lingkungan asal saya, diartikan sebagai ‘kembali’ dalam bahasa Indonesia. Sedangkan ‘muleh’ untuk ‘pulang’. Praktis, ketika saya berada di kampung halaman, kata ‘pulang’ tak lagi dipakai untuk menyebut aktivitas saya menuju ke rumah bujang saya di Bontang. Padahal, untuk aktivitas yang sama, ketika saya berada di kantor, saya menyebutnya dengan kata ‘pulang’.

Agaknya, kata ‘pulang’ versi saya ini mempunyai sebuah tingkatan. Yang penyebutannya tak hanya merujuk ke tempat manakah saya bakal menuju, tapi juga dari manakah saya bertolak. Bila saya sedang berada di tempat kerja akan menuju rumah dinas, saya menyebutnya dengan ‘pulang’. Tapi bila saya sedang di kampung halaman akan menuju rumah dinas saya di Bontang, maka saya menyebutynya bukan dengan ‘pulang’, tapi ‘kembali’. Hingga, kemudian saya menyimpulkannya begini: ada setidaknya tiga tempat yang terkait pendefinisian kata ‘pulang’ ini. Yang pertama adalah kampung halaman, yang kedua adalah rumah dinas Bontang, yang ketiga adalah tempat selain keduanya. Jika saya berada di tempat ketiga, maka baik saya mau ke tempat pertama maupun tempat kedua, saya mengatakannya sebagai ‘pulang’. Jika saya berada di tempat kedua, maka kata ‘pulang’ hanya saya pakai ketika saya akan menuju ke tempat pertama.

Begitulah. Hingga ketika saya berada di tempat pertama, saya tak pernah memakai kata ‘pulang’ ini untuk menyebut aktivitas saya. Kata ‘kembali’ lah yang terpakai. “Nyuwun pamit, arep balek nang Bontang”, demikianlah kira-kira kalimat pamitan saya pada seorang tetangga. ‘Balek’, bukan ‘muleh’.

Tapi, bila mau berdalam-dalam merenunginya, agaknya kesimpulan di atas belum benar-benar sahih. Ada satu tempat lagi, yang bahkan ketika saya berada di tempat pertama, sah-sah saja untuk menyebutnya dengan ‘pulang’. Sebuah tempat yang ketika saya ternyatakan ‘pulang’, maka tak akan lagi merasakan ‘kembali’. Saya pun tak akan mampu memutuskan kapankah ‘pulang’ saya menuju tempat itu bakal terjadi. Hanya orang-orang sajalah yang kemudian menyebutnya dengan ‘berpulang’. Bisa esok, bisa tahun depan, bisa minggu depan, atau bisa sepersekian detik sejak saya tuliskan catatan kecil ini. Maka, karena kegaibannya itu, kita kemudian sering-sering mendoa: ‘seperti indahnya rasa kepulangan yang lain, ya Allah, pulangkanlah kami dalam keadaan indah!’ Aih, bukankah itu berarti khusnul khotimah.

 

 

52 comments:

al fajr "fajar" said...

lagi rep komen ttg 'pulang' sesungguhnya..
eh, jebul wis ono paragraf terakhir..hehehe

iqbal latif said...

ya siganti dong komennya....

al fajr "fajar" said...

hehehe..
aku nek muni pulang yo gur 1 tempat, rumah ortu..
ibu sms.. mulih ga ndhuk?
iyo bu..hehehe

balik, balik jogja.. hehe

iqbal latif said...

la kalo pas di kampus dulu utik menyebut kembali ke kos apa? balik sj?

Pemikir Ulung said...

yup..itulah pentingnya melihat dari mana kita bertolak, karena dari situ dapat muncul makna yang berbeda

al fajr "fajar" said...

ga ngekos..he..nglaju

iqbal latif said...

contoh lain apa? :)

iqbal latif said...

nglaju? memang brp lama magelang-yogya??

Pemikir Ulung said...

gampang..saya kasih contoh yang gampang nih, misalnya "arah jam 10", kan mesti jelas dulu, arah jam 10-nya siapa? hohoho

al fajr "fajar" said...

paling cepet 1,5 jam lah..

iqbal latif said...

biasanya sesuai arah yg ngomong..

iqbal latif said...

bweuuhh.. kok nggak pegel? la lek kuliah jam 7 piye? padahal aku brkte kurang 5 menit... :)

Pemikir Ulung said...

ga selalu..makanya..perlu disamain titik 0 nya kaan?
*jadi inget kejadian idul adha kemaren*

iqbal latif said...

pasti mw ngelirik orang....

Pemikir Ulung said...

ckckck..apa saya perlu ganti panggilan jadi mas jon?

iqbal latif said...

mas jon? apa hubungannya?

Pemikir Ulung said...

singkatan dari mas suujon

hehehehe

al fajr "fajar" said...

yo pegel si...haha..
mangkat stg6..hehe..

desti . said...

mendadak pengen pulang..
ini ceritanya pak iqbal di mana?

desi puspitasari said...

aku balik po mulih dJogja meh podo ae, Jar

al fajr "fajar" said...

mulih magelang aku mba..home sweet home..haha

umi kulsum said...

pulang, bagiku berarti ke jombang.. hehe

iqbal latif said...

sulit tuh kalo banyak tugas..hoho (*pengalaman ngerjain tugas habis subuh*)

iqbal latif said...

pulang sj!

ceritanya ini sudah KEMBALI dr kampung :)

iqbal latif said...

lek rumah mertua piye? :)

iqbal latif said...

wah, semingguan yg lalu sy lewat njombang, mb!

emilf f said...

aku pilih bali wae lah....:)

oleh-oleh ndi Mas Iq? *ngarep.com*

iqbal latif said...

KEMAREN SY LEWATI, LO!
mw tak lempar ntar dipungut orang.. :)

emilf f said...

welah..ra niat kuwi, mbok celuk-celuk mesti tak parani. Omahku pinggir ndalan owk!

iqbal latif said...

wah, kapan2 iso berarti.... tp saaken carteran mobile laan lek dikon ngenteni

umi kulsum said...

lha, kok gak mampir? lain kali, mampir yaa.. :)

iqbal latif said...

jalur dilewati bus kah? apa perlu masuk dulu?

sf.lussy dwiutami said...

cabut dulu ya... Kadang bilang gini kalo mau pulang... Hehe

yasir burhani said...

'pulang' yg terakhir = pulang yang menakutkan. :(

Siska Rostika said...

Bang haitami pernah juga nulis kyk gini.

iqbal latif said...

ha ha....tersenyum lebar baca pesanmu

iqbal latif said...

kalo cabut berarti sebelumnya menancap ;)

iqbal latif said...

hmm...butuh banyak bekal

iqbal latif said...

oh, iya kah? janganjangan sdh pernah baca saya

sf.lussy dwiutami said...

bisa jadi, tapi gak tau pasti yang ditancap apa dan menancapnya dimana dan bagaimana. Pokoknya tugas saya mah cabut aja... Hehe

iqbal latif said...

seperti sy yg mau cabut sekarang..he he

rahmah ... said...

Perbedaan bahasa aja menurut saya..mungkin lain tempat lain makna.di daerah saya cuma ada kata balik,tidak pakai kata pulang :)

sf.lussy dwiutami said...

emang paling enak nyabut... Tinggal manen doang soalnya *lho* :D

iqbal latif said...

he he...memang perbedaan bahasa :)

kalo temen2 yg jogjaan kadang nyebut pulang itu memang dg bali....

iqbal latif said...

nyabut uban? ;p

Pemikir Ulung said...

dimarahi malah senyum lebar :p

iqbal latif said...

:D....

kalo tambah marah kan bs berabe

Pemikir Ulung said...

seru tau..
:p

iqbal latif said...

duk!

Pemikir Ulung said...

sebenernya saya dicuekin ga cuma di post yang ini *mengalihkan pembicaraan* :p

iqbal latif said...

aduh, ludi! iya kah? :)

saya biasanya kalau ada yg komen di satu postingan lebih dari satu, tak merasa haruas membalasnya untuk komen yg terakhir ketika saya tak punya sesuatu untuk sy balaskan.. :D

sebab, di balasan sebelumnya, sy sdh menunjukkan kalau sy tak mencuekkannya

ok...
ditampung deh sarannya! karena setiap manusia itu unik :)

Pemikir Ulung said...

iya

tapi gapapa ko mas punya prinsip begitu..biar oot-nya ga kepanjangan

saya juga belajar memahami ko, karena manusia itu unik :)