Tuesday, September 28, 2010

KRL perdana

“Ransel disandang di depan!”, demikian teman saya memulai menjelaskan SOP-nya. Saya terdiam tapi menuruti penjelasannya. Mengikutinya yang menuju loket penjualan tiket. Saat itu kita baru tiba di stasiun cawang.

“seribu lima ratus?”, tanya saya ketika petugas tiket memberi kembalian 2000 untuk uang lima ribu yang teman saya bayarkan untuk kami berdua. Tujuan kami, kala itu, depok. Saya tak tahu apakah itu jauh atau dekat dari cawang sini, tapi edntahlah, 1500 sepertinya sebuah nominal yang mengejutkan. Kemudian, teman saya itu, demi menjawab pertanyaan saya tadi, hanya mengangguk sambil tersenyum misterius. Mungkin ingin berkata, ‘begitulah!’

“murahnya”, spontan kata itu terucap dari mulut saya.  Tentu saja murah berdasarkan subyektivitas saya. Hidup jauh dari ibu kota dan terlepas dari hingar bingar jawa memang mengharuskan saya untuk sering kali melakukan kalibrasi tiap kali harus ke jawa. Termasuk masalah harga ini.

Temen saya, lagi-lagi, hanya tersenyum, lalu menyebutkan sebuah nominal yang tergolong murah yang harus dibayar bahkan jika harus ke bogor. Saya menatapnya antusias.

Kami beruntung kala itu. KRL pertama yang akan kami tumpangi tak lama lagi akan datang. Sebuah kebetulan yang kebetulan. Atau perjodohan. Pengalaman pertama memang seringkali mengesankan.

“Usahakan nggak pakai HP saat di kereta! Lebih baik kalau ditaruh di tas saja”, kemudian, dari teman saya juga, SOP kedua saya terima. Saya menurut. Lagipula tak ada rencana melewatkan momen pertama di KRL dengan hanya sekedar main HP. Tak perlu up date status pula, kan, hanya masalah naik KRL ini?

“Dompet?”, kali ini saya yang bertanya. Yang langsung teman saya tanggapi dengan, “kalau bisa, ditaruh di tas juga. Ditaruh di tempat rahasianya”.

Lagi-lagi saya menurut. Awalnya, saya kira dengan mengancingkan saku belakang itu saja sudah cukup. Aman. Tapi, ternyata. Baiklah!

Stasiun, saat itu, lumayan ramai. Tempat duduk untuk menunggu penuh. Dan itu, pertanda kalau kami juga akan berdiri di KRL nanti. Tapi, tak masalah!

Tak lama, KRL pun datang. Orang-orang berebut naik. Dan benar, kondisi sudah penuh, meski tak terlalu penuh. Tempat duduk sudah penuh terisi dan orang-orang sudah banyak yang bergelantungan di pinggir-pinggirnya. Ternyata memang tak ada gelang-gelang untuk bergelantungan laiknya busway. Sepertinya saya terlalu menggambarkannya seperti di film-film jepang. Tapi, lagi-lagi, tak masalah!

Mirip dengan kereta kelas ekonomi. Sepertinya, seingat saya, dulu di surabaya juga ada kereta sejenis ini. Tapi tak pernah saya naiki. Hanya kereta ekonomilah yang pernah saya coba. Ya, seperti yang saya kata, mirip KRL ini. Pedagang yang lalu lalang, penumpang dengan ransel di dada, peminta-minta. Mirip! Ah, ini pemandangan yang benar-benar membangunkan rasa kemanusiaan kita.

“ini halte UI”, sepertinya baru beberapa menit saja lepas dari stasiun cawang, saat teman saya mengatakan ini, “tapi kita tak turun di sini”. Tujuan kita kala itu adalah TM Bookstore. Saya juga masih belum tahu ada di mana. “Tapi di stasiun selanjutnya”, lanjut teman saya.

Di stasiun selanjutnya kemudian kami turun. Hari telah siang, meski tak terlalu panas oleh sebab mendung. Saya biasa saja samapai menyadari  ada bonus tambahan selain naik KRL perdana ini yang saya dapatkan; “kita sholat dhuhur di masjid UI dulu saja, ya?”

“dimana? Jalan kaki?”

“yup. Di situ. Dekat saja”

Tak terkata. Bahagia begitu saja rasanya. Ternyata Allah mengganti ketidakjadian menjejakkan kaki di masjid Salman ITB itu dengan kunjungan ke masjid lain yang juga ingin saya kunjungi: masjid UI.

Tak butuh waktu lama , kami pun melangkah. Di antara para mahasiswa.

 

 (-dari dramatisasi pengalaman naik KRL perdana-)

48 comments:

Diah Pitaloka said...

hehehe
*ketawa geje*

sf.lussy dwiutami said...

Satu lagi, sebelum turun perhatikan kembali barang bawaan orang di sebelah anda... Hehe

iqbal latif said...

@luvummi...ho ho.

@lussysf...barangbawaan sebelah?bertambah apa g, gt?

emilf f said...

di kaltim ada yang murah juga lho...naek taksi cuma 3 rebu...mana ada d tempat lain, br buka pintu dah 5 rb :))

iqbal latif said...

@beautyborneo...taksinya kaltim ma keren.. duduknya menyamping,muat banyak, n AC (angin celobokannya) besar

@desti.. :) juga

akuAi Semangka said...

Yah, sayang sekali ceritanya hanya sampai di sini....

Hehehe
*ikut ketawa geje*

akuAi Semangka said...

Yah, sayang sekali ceritanya hanya sampai di sini....

Hehehe
*ikut ketawa geje*

iqbal latif said...

memang mw dilanjutin sampe mana, ai? :D

akuAi Semangka said...

Sampe kasir :))

akuAi Semangka said...

Sampe kasir :))

iqbal latif said...

g, ah! takut diketawain mbakmbak yg makannya lama :p

akuAi Semangka said...

Kenapa komenku dobel2 gitu y? Hmm..


Hahaha... Pasti ada crita lucu deh! :D

iqbal latif said...

g lucu, kok! mengharukan malah.. :D

mw tak tulis kah?

akuAi Semangka said...

Mengharukan?
Sila sila ditulis kalo ada waktu :D

Diah Pitaloka said...

:))
kasir

iqbal latif said...

g jadi ditulisin deh, banyak tokoh figuran yg g selayaknya tampil :)

*ouw jd si pemakan nasgor satunya diah?

Diah Pitaloka said...

emang makan nasih goreng dimana?*bingung*

akuAi Semangka said...

Diah, emang udah temenan di MP sama om iqbal? Bukannya di FB doank? :p

iqbal latif said...

la emang kasir yg mana juga? :)

Diah Pitaloka said...

tadi ada yang ngeadd gt Ai
:))

Diah Pitaloka said...

ngeliat komen Ai, diatas
:D

iqbal latif said...

ai, pertanyaanmu itu aneh juga..! belum temenan kan tetp bs ngomen ..
@diah...uow gt..! gagal jd tokoh figuran berarti

Diah Pitaloka said...

belon tentu :p

akuAi Semangka said...

Memang aku membahas bisa komen atau tidak?


Hari yang aneh! (Part 2) :D

Diah Pitaloka said...

=))
i can't stop laughing

iqbal latif said...

janganjangan kalian berdua ini telah bermuslihat untuk menyudutkan si 'tak tahu kasir'! :)
baiklah, tunggu lanjutannya dg tkh figuran udiknya :D

Diah Pitaloka said...

sepertinyah si "taktaukasir" masih malu2..
eh2, emang siapa si itu?:p

iqbal latif said...

diah, jawabannya ada di lanjutan cerita ini..

Leila Niwanda said...

Pertama kali dulu waktu menuju kantor.... dikawal paman yang memang tiap hari menempuh rute serupa :).

iqbal latif said...

dulu di jakarta kah sebelum ke pangkal pinang??

Diah Pitaloka said...

mana?
kaga' ada

iqbal latif said...

bentar! bentar! lagi sibuk, nih. (ha ha)

Leila Niwanda said...

Iya :). Pondok Ranji - Tanah Abang tiap hari kerja, rutin, sebelum nikah dan pindah ke Salemba :).

iqbal latif said...

uow gitu! (-padahal gtw juga itu daerah mana..hehe-)

Diah Pitaloka said...

sibuk komen di tempat orang?hahah

iqbal latif said...

sulit mendeskripsikan tokoh figurannya ;)

Diah Pitaloka said...

wajar si
soalnyah kata Ai, tokoh figurannyah lebih keren gt dari tokoh utama
:))

iqbal latif said...

:D.....

jiah..jiah....mana ada orang keren 'menyesal' karena g jadi ditraktir

Diah Pitaloka said...

kaya'nyah lebih menyesal karna kaga' ngeceng2in :))

iqbal latif said...

jiah...si diah ini termasuk tokoh figuran yang dimaksud apa cuma korban ceritanya si ai, sih??

Diah Pitaloka said...

tebak2
*maen detektif2an*

akuAi Semangka said...

emang mau bikin cerita apa sih??
aku ga pernah mengorbankan siapa siapa perasaan.. hmm..

*lanjutin aja deh, bingung saiah..

iqbal latif said...

belkum selesai!

Dinda Elefani said...

halahhh,,,baru pertama kali naek KRL..hahahha..
aku dh ga mw lagi naek itu.penuh sesakkkk.kluar2 dr krl langsung kusutttt,kucel2,kumel,, hihihi

iqbal latif said...

habis naik KRL bisa2 nyalonnya tiga jam lebih ya, din?? :p

Pemikir Ulung said...

Hehe. Sukaaa (lagi) [ah lung, kau ini gampang sangat dibuat suka]. Saya suka gaya berceritanya, apik :D

stasiun cawang, pernah sekali naik dari sana, perjalanan yg sangat berkesan, sampe di dalem kereta saya ngerekam vidionya, hoho

iqbal latif said...

direkam segala?? ho ho..yg lain pada nggak ngeluarin hp, yg ini malah ngerekam segala...

besar mungkin alat rekamnya

Pemikir Ulung said...

Hihihi, terlalu parno itu mah, tergantung kepadatan kereta. Waktu itu saya naik kereta terakhir mas, jm11 malem dari cawang menuju bogor. 95% orang di KRL tidur. Hehe. Makanya saya takjub, trus direkam deh, pake camdig ko, kamera kantong, ga gede