Monday, January 31, 2011

januari dan buku

sudah menjelang februari. Karena hari ini adalah hari terakhir di bulan juanuari, sedangkan nanti malam sepertinya tak akan menghabiskan sebuah buku (bahkan mungkin tak menyentuh buku), maka dipostinglah jurnal ini...

Berawal dari ikut-ikutan mp-ers pecinta buku yang suka memosting bacaannya selama sebulan. Lalu dibumbui oleh keikutsertaan saya pada progam reading challenge di GR, maka tampillah jurnal ini...

Sepertinya ini adalah prestasi baca terbaik saya selama beberapa bulan, atau bakan hampir dua tahun terakhir. Benar ternyata, mimpi itu mesti dituliskan. Dikabarkan pada semua orang. Biar ada greget, biar ada pendorong lebih. Maka 'reading challenge' GR benar-benar ampuh. Benar-benar manjur mendorong saya untuk bersegera membaca setiap ada kesempatan.Maka di jok motor saya akan selalu tersedia buku. Ditambah hp yang bisa buat internetan sedang rusak, sempurnalah hari-hari penuh buku ini. Maka kemudian saya dapat dijumpai sedang membaca buku sembari menunggu pesanan nasi goreng. Atau membaca sambil menunggu antrian potong rambut. Atau membaca sambil menunggu dilayani nasi pecel di sabtu pagi. Atau membaca sambil membaca.

oke-oke. Tak terlalu banyak sebenare buku yang berhasl dibaca untuk januati ini, tapi menjadi begitu wah melihat prestasi baca saya yang jongkok sebelum-sebelumnya.

  • The Gogons : James & The Incredible Incident. Ini adalah buku ke-12 tere Liye yang sudah saya baca. Sudah lama sekali menginginkan buku ini. Maka, ketika berhasil mendapatkannya, gembira betul dibuat olehnya. Bergenre metro pop -setidaknya itulah yang tertulis di cover, tapi masih tetap tere liye banget.
  • Memaknai Jejak-jejak kehidupan. Buku Komarudin Hidayat kedua yang saya baca setelah psikologi kematian. Dihabiskan dalam perjalanan Bandung-jakarta.
  • Ini Wajah Cintaku, Honey. Tasaro! Sejak membaca Galaksi Kinanthi, memang saya mulai memburu buku-buku Tasaro yang lain. Buku ini cukup direkomendasikan buat siapa saja yang ingin mengetahui pernak-pernik pengantin baru. Dituliskan dengan model seperti catatan harian, dengan bahasa yang renyah. Akan banyak hal yang bisa anda raih dari membaca buku ini.
  • Bercermin di telaga Cinta Sang Guru. Dituliskan banyak orang. Semuanya membahas tentang ust Rahmat. Memberika sebuah kesadaran, bahwa orang-orang besar, akan senantiasa hidup di hati orang-orang yang pernah berinteraksi dengannya.
  • Catatan Pernikahan. Lagi-lagi tentang pernikahan. Kali ini tulisannya HTR. Sudah lama mengetahui tentang buku ini, bahkan pernah menghadiahkannya untuk seorang teman yang menikah. Namun baru sebualanan yang lalu memutuskan untuk membeli dan langsung membacanya.
  • Malam Terakhir. Sebuah kumpulan cerpen karya Leila S Chudori. Jujur saya membaca buku ini karena faktor 9 Dari Nadira yang benar-benar menyihir saya. Sebuah kumpulan cerpen yang lumayan berat, namun cukup membuat saya terhibur dengan pilihan diksinya yang cantik.
  • Di Serambi Mekah. Ini masih Tasaro. Senang rasanya membaca tulisan tasaro pada jaman-jaman dulu. Hingga bisa menelaah gaya penulisannya dari masa ke masa. Bercerita tentang seorang penulis, tentara, dan perawat, yang dipertemukan oleh satu kata: Aceh. Beresetting pada massa Gam hingga Tsunami.
tujuh buku. Artinya baru 7 % untuk target tahun ini....


Terakhir, buku yang sedang dibaca: semua ayah adalah bintang.




bagaimana dengan anda?

24 comments:

yasir burhani said...

salut dengan para reader.
Aku? ah...malu rasanya berkutat dengan buku yg itu itu saja.
Entah kapan lagi bisa refreshing dengan bacaan2 ringan yg dulu sempat menghibur diri...

fauziyyah arimi said...

hoo..tahun ini target 100 buku tah?

akuAi Semangka said...

tunggu postinganku: book-a-lova edisi januari. Hehe...

Banyak kesalahan ketikan. Nulisnya ga diedit yaa?
Tapi suka dengan kalimat, 'atau membaca sambil membaca.'

iqbal latif said...

@yasirburhani.....ayo! Dibangkitkan lagi.. selaslu ada waktu
@faraziyya...lebih tepatnya 99 buku. Biar unik..he he
@akuai...he he..iya. Tadi sebelum pulang langsung nulis di blog. G pake word.. Langsung publish sebelum ketinggalan mobil.. Eh, kalo g salah aku dapat kalimat itu dr andrea hirata..Sang Pemimpi kalo g salah

rifi zahra said...

Samita-nya Tasaro udh baca mas? Keren juga...khasnya Tasaro kalo ngegarap novel2 based on sejarah :)

Lolly aja said...

Bercermin di Telaga Cinta Sang Guru..... belum baca.... belum sempat hunting buku ini...

antung apriana said...

aku targetnya 50 buku setahun...
januari baru baca 2 buku..hedeh2

HayaNajma SPS said...

nice :D smoga makin istiqomah

ukhti hazimah said...

asli penasaran kro Memaknai Jejak-jejak kehidupan...apik? brpa bintang?

iqbal latif said...

@rifi...baru dapat awal2 aku kok nggak dapat feelnya. Jadi belum diteruskan
@lolytadiah...bisa dihunting kalo begitu. Saya bl di TM bookstore depok itu
@ayahapunya...nggak nyampe 5 % dong?
@berber...amin
@sinthionk...knp kok pebnasaran? berpa bintang ya? aku nggak terlalu objektifsih... tiga bintang saja mungkin

ukhti hazimah said...

eh setelah diliat ulang... salah tangkep, ta' pikir Memaknai Jejak-jejak kehidupan itu isine tentang psikologi kematian... ternyata iku buku sebelum e yaaa...

berarti aku penasaran kro sing psikologi kematian :D

iqbal latif said...

nah, sy lebih suka yg psikologi kematian...sdh lama bacanya... Ada di pasuruan lagi bukunya

emilf f said...

Great....banyak juga yg dah dibaca ya...kalo saya sekarang bacanya buku anak2 mulu, masih sulit menyisihkan 'me time' utk baca buku dewasa..

iqbal latif said...

ada pa gerangan dg buku anak2? kok dilahap?

emilf f said...

ya...because I have 2 sons :)) dan ternyata buku anak mengasyikan juga, membawa kita berimajinasi :)

Yudith Fefabiola said...

1.boleh minta link info reading challeng di GR?

2. are the gogons and di serambi mekah a recommended book? pasti sudah sudah carinya :(

yani prasetio said...

buku yg tentang Ust Rahmat dpt di TM Detos ya? hunting ah... :-)

iqbal latif said...

iya..banyak tuh yg suka baca cerita anakanak...

nanti dterapkan juga, ah...

iqbal latif said...

http://www.goodreads.com/challenges/2-2011-reading-challenge


itu punya saya...

the gogons bagus utk dibaca...sayang lanjutannya belum terbit (ato gramed g mw nerbitin)

di serambi mekah sebenarnya sih biasa saja...tp bahasanya sdh enak...

iqbal latif said...

iya..tp waktu itu kayake nemu itu sj.. soale sy ngambile yg sdh g berplastik..

al fajr "fajar" said...

mesthi woconane saiki kitab2 gundul sing iku2 mawon nggih pak.. wihihihi..
wis lali rasane mbaca bacaan "ringan"? qiqiqi

al fajr "fajar" said...

nek aku kagi "menikmati"
nikmatnya "ngemil" di sela2 waktu, buat tilawah

Pemikir Ulung said...

beuh..cadas banget ada 7..

iqbal latif said...

awal bulan ini ada indikasi menurun...harus digenjot lagi